Forum DELTA, Riset Operasi antara Sains dan Seni

Oleh: Resmawan . 30 November 2018 . 09:21:00

Gorontalo - Forum DELTA yang merupakan wadah diskusi dan evaluasi ilmiah di tingkat Program Studi Matematika, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Gorontalo kembali dilaksanakan dengan mengangkat topik Riset Operasi. Kegiatan yang digagas sebagai wadah untuk membumikan kultur akemik dikalangan mahasiswa maupun dosen ini dilaksanakan di aula Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo, Jum'at (30/11/2018).

Forum DELTA dalam kesempatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa prodi Matematika, terutama mahasiswa tingkat akhir yang sedang dalam persiapan menyusun tugas akhir. Hadir sebagai pembicara utama dalam kesempatan ini, pakar Riset Operasi alumni Universitas Utara Malaysia, Muh. Rifai Katili, PhD. Melalui forum ini, Muh. Rifai memaparkan materi dengan topik Riset Operasi antara Science dan Seni.

Mahasiswa diberi bekal pemahaman terkait peran riset operasi dalam upaya menemukan solusi dari fenomena-fenomena masa kini yang di hadapi manusia. Muh. Rifai menjelaskan bahwa Riset Operasi dapat digunakan untuk membantu dalam perencanaan dan pembuatan keputusan dalam manajemen untuk mendapatkan hasil yang optimal dengan berbagai macam kendala melalui pendekatan model matematika. 

"Permasalahan yang kita jumpai dapat dirumuskan dan simulasikan dalam bentuk model Deterministik maupun Probabilistik sesuai dengan jenis permasalahan yang dihadapi", ungkapnya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan berbagai macam model matematika yang berkaitan dengan riset operasi yang dapat diterapkan mahasiswa dalam menyusun tugas akhir.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memperluas wawasan dan pemahaman mahasiswa berkaitan dengan peran Ilmu Matematika dalam upaya menemukan solusi dari berbagai masalah yang kita hadapi.

Forum DELTA sebagai wadah diskusi ilmiah dikalangan civitas akademik Prodi Matematika secara rutin dilaksanakan dengan topik yang berbeda, dengan pembicara baik dari kalangan mahasiswa, dosen atau dengan menghadirkan pakar yang berkompeten dibidangnya. (R)

Agenda

7 Februari 2021

TEMU ALUMNI MATEMATIKA FMIPA UNG

Jurusan Matematika FMIPA UNG akan mengadakan kegiatan Temu Alumni Virtual baik alumni dari prodi Pendidikan Matematika, prodi Statistika, dan prodi Matematika. Kegiatan ini mengundang seluruh alumni Jurusan Matematika dari angkatan pertama hingga yang terakhir.

27 - 29 November 2019

PEMILIHAN PIMPINAN JURUSAN PERIODE 2019-2023

Pemilihan Ketua dan Sekretaris Jurusan di Lingkungan Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Gorontalo periode 2019-2023

30 Oktober - 04 November 2019

Gorontalo Mathematics Competition 2019

Kompetisi Matematika antar Pelajar SD/SMP/SMA/Sederajat se-Provinsi Gorontalo

19 - 21 Mei 2019

Asesmen Lapangan (AL) Akreditasi PS Matematika

AL akan dilaksanakan pada tanggal 19 - 21 Mei 2019