Tuntaskan Rindu Di Tengah Pandemi, Jurusan Matematika Menyelenggarakan Temu Alumni Secara Virtual

Oleh: Djihad Wungguli . 7 Februari 2021 . 15:00:14

Pandemi Covid 19 memaksa berbagai kegiatan harus dilaksanakan dengan kenormalan baru. Temu alumni atau yang biasa disebut reuni pun tidak lepas dari kenormalan baru. Dari reuni yang biasanya kumpul-kumpul, foto-foto, makan-makan di kampus atau tempat wisata kini berubah menjadi reuni secara virtual. Hari ini jurusan Matematika FMIPA UNG pun menyelenggarakan temu alumni secara virtual.

Temu alumni jurusan Matematika FMIPA UNG tahun 2021 ini dihadiri oleh alumni dari berbagai angkatan. Angkatan yang paling senior yang hadir adalah angkatan 1977 ketika UNG masih berstatus sebagai IKIP Manado Cabang Gorontalo. Kemudian angkatan yang termuda yang berpartisipasi ialah angkatan 2016. Dan total alumni yang hadir secara virtual tadi sebanyak 210 orang. Yang tersebar dari berbagai daerah, ada yang dari Gorontalo maupun luar Gorontalo.

Kegiatan temu alumni diawali dengan pemutaran video hitung mundur angkatan matematika sejak 1977 hingga yang terakhir angkatan 2016. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengantar dari ketua jurusan Matematika FMIPA UNG Dr.Tedy Machmud, M.Pd. Beliau mengharapkan melalui kegiatan temu alumni ini bisa menjalin silaturahmi dan juga kolaborasi antar alumni dengan lebih baik. Setelah itu, sambutan dari dekan FMIPA UNG Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si sekaligus membuka secara resmi kegiatan temu alumni jurusan matematika FMIPA UNG.Dalam sambutannya beliau juga menyampaikan beberapa hal, diantaranya,

Temu alumni ini untuk sinergitas kurikulum yang dilaksanakan dengan kebutuhan pengguna lulusanJurusan bisa memperoleh informasi atau bisa melakukan tracer study yang berhubungan dengan waktu tunggu lulusan mendapatkan pekerjaan, kepuasan pengguna lulusan terhadap alumni, dan relevansi pekerjaan dengan keilmuanAlumni bisa bahu membahu dengan Jurusan Matematika dalam mempromosikan Jurusan Matematika bahkan jurusan lain kepada keluarga, kerabat, handai tolan, masyarakat yang ada di lingkungan masing-masing untuk mempercayakan anak-anak mereka untuk kuliah di FMIPA UNGKemudian acara dilanjutkan dengan webinar yang menghadirkan enam orang narasumber yang juga merupakan alumni jurusan matematika FMIPA UNG diantaranya Prof. Dr. Sarson Pomalato, M.Pd, Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd, Prof. Dr. Hamzah Uno,M.Pd, Prof. Dr. Syamsu Qomar Badu, M.Pd serta Erman Hubu, S.Pd, M.Pd. Keenam orang narasumber tersebut berbagi pengetahuan dan juga pengalaman terkait pembelajaran di era pandemi saat ini. 

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada Dr. Ali Kaku, M.Pd yang memasuki masa purna tugas.Tanggal 1 Maret nanti beliau resmi pensiun sebagai PNS dengan masa pengabdian beliau sebagai dosen kurang lebih selama 36 tahun. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan Sharing Edupreneur yang juga menghadirkan narasumber yang merupakan alumni jurusan matematika UNG yakni Hendra Dukalang, M.Si dan Briskawati Hudji, S.Pd. Kedua narasumber berbagai ilmu dan pengalaman dalam merintis wirausaha sesuai dengan bisnisnya masing-masing.

Agenda acara temu alumni kali ini ditutup dengan reorganisasi IKA Matematika FMIPA UNG, melalui diskusi dan musyawarah yang cukup alot yang dilakukan secara virtual. Diputuskan bahwa Zubair Pomalingo, M.Pd dari angkatan 1992 terpilih sebagai ketua IKA Matematika periode selanjutnya. Beliau mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yg diberikan dan akan berusaha membuat IKA Matematika lebih baik lagi. Dan mengharapkan kolaborasi dari semua alumni agar hal tersebut dapat terwujud.

Agenda

7 Februari 2021

TEMU ALUMNI MATEMATIKA FMIPA UNG

Jurusan Matematika FMIPA UNG akan mengadakan kegiatan Temu Alumni Virtual baik alumni dari prodi Pendidikan Matematika, prodi Statistika, dan prodi Matematika. Kegiatan ini mengundang seluruh alumni Jurusan Matematika dari angkatan pertama hingga yang terakhir.

27 - 29 November 2019

PEMILIHAN PIMPINAN JURUSAN PERIODE 2019-2023

Pemilihan Ketua dan Sekretaris Jurusan di Lingkungan Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Gorontalo periode 2019-2023

30 Oktober - 04 November 2019

Gorontalo Mathematics Competition 2019

Kompetisi Matematika antar Pelajar SD/SMP/SMA/Sederajat se-Provinsi Gorontalo

19 - 21 Mei 2019

Asesmen Lapangan (AL) Akreditasi PS Matematika

AL akan dilaksanakan pada tanggal 19 - 21 Mei 2019